Rupiah Selasa pagi menguat lima poin

mata uang rupiah pada selasa pagi bergerak menguat lima poin pada dolar as dipicu bank indonesia dan belum memberi sinyal pengetatan moneter.

nilai tukar mata uang rupiah dan ditransaksikan antarbank dalam jakarta dalam selasa pagi bergerak menguat sebesar lima poin adalah rp9.709 dibanding posisi sebelumnya rp9.714 per dolar as.

dari domestik, sentimen daripada bi pekan kemarin direspon cukup stabil melalui tak menyerahkan sinyal pengetatan moneter dalam sedang inflasi dan cukup tinggi, tutur analis trust securities reza priyambada dalam jakarta.

sinyal tersebut, berdasarkan dia, memperlihatkan ekonomi domestik masih cukup stabil di tengah data-data china yang masih melambat dan masih keberadaan ganjalan krisis moneter pada siprus terkait melalui perkiraan penambahan dana talangan (bailout) selama atas perkiraan.

Informasi Lainnya:

sentimen negatif eksternal bisa menahan laju rupiah kepada dolar as ke depannya, kata dia.

ia menambahkan baru negatifnya perekonomian global mau membeli mata biaya safe haven seperti dolar as menjadi aset dan diburu investor supaya memelihara nilai.

dolar as merupakan safe haven untuk menjaga mutu aset agar tidak jatuh, tutur dia.

pengamat pasar daripada samuel sekuritas, lana soelistianingsih menambahkan adanya tragedi bom meledak selama as mau mencari keyakinan investor tinggal terguncang.

kendati dampak teror bom kali ini tidak sebesar tragedi wtc, akan tetapi investor mau mengerjakan aksi lihat untung melalui posisi tunai memegang dolar as, tutur dia.