London siaga hadapi pesta rayakan kematian Thatcher

polisi berjaga-jaga sabtu ini di london demi menghadapi kumpulan massa penentang margaret thatcher yang ingin merayakan kematian mantan perdana menteri inggris tersebut di lapangan trafalgar.

walikota london boris johnson menyampaikan pihak berwenang telah bersiap menghadapi kemungkinan kekerasan setelah kerusuhan meledak dalam sejumlah jalan belum berlarut selama pekan ini.

kekerasan inilah yang mendasari pengamanan ketak dalam pemakaman si wanita besi pada ibukota london rabu pekan nanti yang mau dikuti ratu elizabeth ii, perdana menteri david cameron serta 2.000 undangan, termasuk kaum pemimpin politik juga dunia.

mantan calon presiden as dari kubu republik newt gingrich, tim berners-lee sang penemu world wide info, perdana menteri kanada stephen harper juga mantan perdana menteri australia john howard merupakan diantara tamu dan bakal menghadiri pemakaman thatcher.

Informasi Lainnya:

tak ada demonstrasi formal yang terorganisasi sabtu ini, tapi hampir 1.500 pihak telah berjanji di facebook agar menghadiri pesta 'thatchers dead dalam lapangan trafalgar jam 6 sore masa setempat (merek 12 dini hari wib nanti).

para wakil buruh tambang dan melawan thatcher di 1985, berencana menjelajah ibukota bersama mahasiswa dan kelompok-kelompok kiri, lapor koran the guardian seperti dikutip afp.

juru bicara scotland yard mengatakan para petugas telah menikmati sederat orang dan mengatakan akan lihat bagian di demonstrasi sabtu ini.

walikota london mewanti-wanti polisi agar tak mencari kekerasan selama menghadapi demonstrasi ini.

kita hidup di alam demokrasi pada mana pihak berhak untuk unjuk rasa, mereka berhak menghabiskan waktu dan mengerjakan bagaimana dan diinginkannya, kata johnson kepada radio lbc mengenai aksi di lapangan trafalgar itu, itulah afp.