India optimis sengketa dengan China bisa diselesaikan

perdana menteri india manmohan singh, sabtu, mengatakan ia yakin sengketa perbatasan menyangkut suatu aksi penyerbuan tentara china bisa diselesaikan, kata kantor berita press trust of india (pti).

itu adalah Salah satu masalah daerah, kami yakin tersebut bisa diselesaikan, papar singh dan dikutip kantor berita itu sesudah tentara china dituduh memasuki daerah dan disengketakan dalam ladakh awal bulan ini.

india dan china mempunyai Satu perbatasan dan disengketakan, juga hubungan mereka sering terganggu dari perang perbatasan tahun 1962. penyerbuan yang dituduh tersebut merupakan Satu ketegangan masih diantara dua negara asia yang bertetangga tersebut.

pernyataan singh tersebut dikemukakan sesudah menteri pertahanan india shashi kant sharma menyampaian Satu catatan mengenai insiden itu kepada pengawas parlemen, jumat, selama mana media lokal menungkapkan ia menuduh tentara china memasuki hampir 20 kilometer ke di wilayah yang diklaim adalah teritori india.

Informasi Lainnya:

pernyataan perdana menteri tersebut, pertama yang disampaikannya mengenai sengketa tersebut, mengulangi pernyataan-pernyataan kaum menteri pemerintah yang lain dan mengabaikan penyerbuan di pihak barat wilayah ladakh dalam kashmir yang dimengerti india juga menegaskan masalah tersebut bisa diselesaikan secara damai.

kami telah memiliki Satu rencana, kami tidak akan memperbesar situasi tersebut, tutur singh, tanpa menunjukan lebih jauh.

menurut kaum pejabat pada new delhi, Satu peleton pasukan china membangun Salah satu kamp pada di daerah india itu dalam 15 april.

menteri luar negeri india salman khurshid awal pekan ini mengumumkan ia mau bertolak ke china pada 8 mei, dan menyatakan kedua negara mempunyai kebutuhan bersama tidak mengizinkan sengketa itu merusak hubungan telah mengalami kemajuan pada masa lama.

perundingan-perundingan tingkat perwira militer yang lebih rendah sejauh ini gagal memenangkan kemacetan dalam menyelesaikan sengketa tersebut.