2.819 posyandu di Surabaya serentak timbang balita

sebanyak 2.819 posyandu pada kota surabaya dengan serentak mengadakan model timbang balita, kamis (2/5), selama rangka memperingati hari maka kota surabaya (hjks) 2013.

kabid pelayanan kesehatan dinas kesehatan (dinkes) surabaya, sri setiyani, selasa, menungkapkan situs timbang balita serentak itu ingin dilaksanakan dalam seluruh posyandu se-surabaya mulai pukul 08.00-12.00 wib.

ada kurang lebih 165 ribu balita ditimbang serentak dalam 2.817 posyandu, katanya.

menurut sri, tujuan utama penimbangan balita adalah untuk membuat status gizi balita. status gizi bisa dilihat daripada berat serta tinggi badan. maka selain ditimbang, balita juga akan diukur tinggi badannya.

Informasi Lainnya:

dari sana nanti baru mampu dikategorikan apakah balita yang bersangkutan masuk golongan gizi buruk, gizi kurang, gizi normal, atau gizi lebih, ujarnya.

jika pada lapangan ditemui balita melalui gizi buruk, ia menegaskan pemkot surabaya mau menggarap cara intervensi berupa pendampingan juga pemberian makanan sampingan (pmt). pmt diberikan dalam tiga bulan dengan tidak perlu bayar, katanya.

saat ditanya, mengapa harus tiga bulan? sri menjelaskan berdasarkan penelitian, pemberian asupan kalori tertentu selama kurun masa itu bisa menaikkan status gizi balita.

selain pmt, lanjut dia, pemkot dengan intens serta hendak menggarap pendampingan pada keluarga balita gizi buruk. pendampingan dirasa sangat bermanfaat mengingat penyebab gizi buruk tidak hanya sebab kurang makan, tapi juga dipicu dengan salah asuh juga perilaku yang kurang paham hendak nilai-nilai gizi.

kami masih sering menjumpai ada balita yang cuma diberi makan kuah soto atau kuah bakso plus nasi juga terbatas daging. padahal, tersebut kan belum pasti cocok kepada balita, katanya.

sri mengingatkan kiranya website timbang balita serentak ini bersifat terbuka juga tidak dipungut biaya. artinya, mana ada pun termasuk dan bukan masyarakat surabaya, mungkin menimbangkan balitanya.

kami menanti partisipasi semua penduduk di situs ini, ujarnya.