Cilacap diguyur hujan lebat disertai angin kencang

sejumlah wilayah pada kabupaten cilacap, jawa sedang, selasa malam, diguyur hujan lebat didampingi angin kencang.

dari pantauan antara di desa kalikudi, kecamatan adipala, cilacap, hujan mulai mengguyur wilayah ini dari jam 20.45 wib.

selang pilihan menit kemudian, angin mulai bertiup dengan kencang dan ditemani petir.

bahkan, pemadaman listrik pun terjadi di desa ini sejak jam 21.00 wib.

akibatnya, para pedagang yang biasa jualan selama malam hari segera mengemas dagangannya.

Informasi Lainnya:

demikian pula dengan pedagang tiban yang berbisnis pada kurang lebih rumah penduduk dan sedang hajatan.

salah asli pedagang mi ayam, kasdi mengaku langsung menutup warungnya ketika listrik padam.

selain sebab gelap, anginnya bertiup melalui kencang daripada arah barat daya serta selatan. malahan, petir pun berkilatan, makanya saya ambil menutup warung dari berisiko, katanya.

saat dikontak melalui saluran telepon, prakirawan iklim stasiun meteorologi cilacap, teguh wardoyo memprakirakan hujan lebat yang disertai angin kencang ini terjadi akibat pengaruh daerah pusat tekanan rendah dan semula berada dalam samudra hindia barat daya sumatra.

daerah pusat tekanan rendah tersebut, papar dia, bergerak mendekati pulau jawa ataupun berada pada samudra hindia barat daya jawa.

kendati itulah, dia belum bisa memastikan apakah daerah pusat tekanan rendah tersebut menguat serta berpotensi merupakan badai.

tadi sore, saya ambil dari hasil pencitraan satelit, tekanan udara pada pusat `low pressure` (daerah pusat tekanan rendah, red.) itu masih 1.002 milibar, katanya.

ia menungkapkan kemungkinan hujan dan disertai angin kencang ini hanya terjadi selama wilayah pesisir selatan cilacap.

kemungkinan selama cilacap bagian utara tidak terjadi hujan lebat sebab sampai ketika ini (pukul 22.00 wib, red.) belum ada peringatan dini hujan lebat dari alat yang diterbitkan pada karangpucung, katanya.

sementara tersebut, kepala pelaksana harian badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) cilacap wasi ariyadi menyatakan, pihaknya belum menerima laporan mengenai kemungkinan adanya bencana dan disebabkan hujan disertai angin kencang ini.

semoga kondisinya tetap tidak berbahaya. namun kami imbau warga tetap tenang serta waspada, katanya.

informasi dan dihimpun diantara, hujan lebat disertai angin kencang ini tidak cuma melanda kecamatan adipala, akan tetapi dan kroya, cilacap sedang, cilacap selatan, juga wilayah lainnya selama pesisir selatan cilacap.