Korban banjir Aceh Barat bertambah

korban banjir pada kabupaten aceh barat, provinsi aceh, sekarang menjadi 44.662 jiwa ataupun bertambah 3.000 orang karena terimbas daripada luapan dua sungai sulit dalam wilayah itu.

kepala pelaksana badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) aceh barat t novrizal dalam meulaboh, minggu mengajarkan meningkatnya persentasi korban banjir sebab sungai meureubo serta woyla meluap akibat kiriman air daripada hulu.

meski korban bertambah, namun sebagian masyarakat masih enggan menimbulkan rumahnya, selain serta ada yang mengungsi ke rumah kerabatnya selama daerah lebih tinggi pada aceh barat.

kami terus mendata sebab meski siang ini tak hujan namun imbas banjir dari kawasan pante ceureumen mendorong luapan sungai meureubo serta wolya, katanya.

Informasi Lainnya:

didampingi kabid kedaruratan bpbd aceh barat dedek risman ia menyatakan sekitar jam 11.30 wib luapan banjir menerjang pemukiman dengan rincian sebanyak 130 desa, melalui jumlah 11.581 kepala keluarga (kk) atau 44.662 jiwa selama 10 kecamatan.

kata dia, kaum relawan telah dikerahkan ke kawasan terparah dilanda banjir semisal kecamatan woyla dan meureubo. dua kawasan tersebut merupakan daerah penampung banjir dari kecamatan lain.

sebagian tenaga relawan sejak siang ini dikerahkan ke wolya karena selama sana catatan terbaru luapan banjir tambah tinggi juga warga mesti dievakuasi, papar dia.

sebelumnya, kata dedek risman, masyarakat pada kecamatan woyla dan meureubo tidak ingin dievakuasi sebab ketinggian air baru normal.

sementara itu bantuan logistik terus berdatangan, selain dari pemerintah daerah sederat perusahaan pertambangan dan ikut menyerahkan bantuan logistik kepada korban banjir ditiga titik pengungsian.

bantuan yang kami salurkan berupa 900 kilogram beras, mi instan 60 kotak, minyak makan 100 liter, telor ayam buras 300 butir, roti 60 kotak dan air mineral 120 kotak, tutur manager external relations pt mifa bersaudara azwar hamid.

dia berharap melalui santunan itu dapat membantu meringankan beban korban pengungsi untuk dampak banjir.