Jalur Ponorogo-Pacitan terputus akibat jembatan runtuh

jalur lalu lintas ponorogo-pacitan terputus setelah sebuah jembatan jembatan dan ada pada desa caluk, kecamatan slahung, kabupaten ponorogo, jawa timur, runtuh tergerus banjir, sabtu malam.

kasi pencegahan badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) ponorogo, setyo budiono, minggu menjelaskan, kerusakan parah selama badan jembatan terjadi akibat salah Satu tiang jembatan ambruk.

jembatan putus kurang lebih pukul 20.00 wib (sabtu, 6/4) malam. itu akses utama pada jalur provinsi (ponorogo-pacitan) sehingga praktis 2012 lintas menuju pacitan terputus total, katanya.

belum banyak upaya darurat yang mampu dilakukan supaya memenangkan kerusakan itu. hampir 40 persen badan penghubung utama itu runtuh ke dasar sungai.

Informasi Lainnya:

jembatan ambruk dibuat akibat jebolnya dam yang lokasinya berada berada tidak jauh daripada tujuan kejadian, sekitar sebulan kemarin. dampak jebolnya dam telah membuat bangunan plengsengan pada tepian kanan kiri sungai ambrol juga merembet hingga ke bagian jembatan, tuturnya.

tidak ada catatan korban jiwa dalam peristiwa tersebut. masyarakat serta petugas pun segera menutup akses jalan dan menghentikan seluruh kendaraan dan melaju daripada arah ponorogo maupun pacitan.

budi mengatakan, kondisi penghubung dan bangunan air di sekitarnya sebelumnya telah dilaporkan ke pihak tenntang, tergolong dinas bina marga provinsi jatim selaku penanggung jawab jalur antarkabupaten.

wakil bupati ponorogo, yuni widyaningsih yang datang ke lokasi kejadian mengajarkan pihaknya memang sudah mendapatkan catatan kerusakan sejumlah infrastruktur selama sekitar penghubung, utamanya dam sungai dan jebol.

rencana perbaikan dam maupun plengsengan sungai serta telah dipersiapkan, tapi proyek rehabilitasi tersebut ketika ini baru memasuki tahapan lelang.