Konvensi capres PD diharapkan lahirkan figur muda

konvensi calon presiden (capres) yang hendak digelar partai demokrat mulai agustus 2013 diinginkan melahirkan bakal capres daripada figur muda, tutur pengamat politik.

jeffrie geovanie, anggota dewan penasehat csis (centre for strategic and international studies) mengemukakan keuntungan tersebut di keterangan tertulisnya, di jakarta, minggu.

menurut dia, kesuksesan konvensi capres partai demokrat antara lain bisa melahirkan calon pemimpin dari kelompok masyarakat muda, sebab cuma di konvensi capres tersebut komplit ruang dan leluasa dan elegan bagi figur-figur muda.

dia memberikan contoh, figur muda tersebut, diantara lain gita wirjawan, mahfud md, dino patti jalal, chairul tanjung, irman gusman, marzuki alie.

Informasi Lainnya:

melalui konvensi capres partai demokrat, dengan demikian figur muda akan dapat memperkenalkan dirinya serta menunjukkan kiprah serta nilai personalnya dengan maksimal selama publik pemilih dalam negeri ini, ujarnya.

jeffrie mengharapkan, dominasi figur tertentu hendak tergerus juga perlahan dilupakan pihak, saat figur-figur muda peserta konvensi capres demokrat mulai menyita memperhatikan publik sebab aktivitas mereka dibuat peserta konvensi.

sementara tersebut, peneliti maarif institute for culture and humanity, endang tirtana mengatakan, tutur gerontokrasi dan diadopsi dari bahasa inggris gerontocracy adalah praktik dari jaman yunani kuno dan berarti sebuah kekuasaan yang dipimpin oleh kebanyakan kaum tua.

tidak hanya yunani, banyak budaya politik dalam seluruh negara dan membuka praktik ini. juga meskipun salah satunya tokoh tua tak menjabat secara formal,namun mereka tetap menjadi pengendali kuasa, salah satunya dalam china, iran, kuba, rusia, katanya.

tapi ada fakta sejarah dan membuktikan bahwa bukan tidak mungkin bahwa kepemimpinan oleh putri muda idealis, seperti amerika serikat salah satunya melalui naiknya john f kennedy (usia 43 th) atau yang lebih muda theodore roosevelt (usia 42 th), serta atifete jahjaga presiden hawa daripada kosovo di usia 36 tahun.

indonesia sendiri memiliki presiden muda tahun 1945 yaitu ir soekarno (usia 44 th). maka, dengan tampilnya wajah-wajah segar selama kancah capres 2014, dicari bisa mewarnai lagi perpolitikan di tanah air, demikian endang tirtana.