Anis Matta: kerukunan Indonesia-Malaysia harus dipertahankan

presiden partai keadilan sejahtera (pks) anis matta menegaskan kerukunan hubungan indonesia-malaysia mesti terus dipertahankan agar perkembangan kawasan asia tenggara, khususnya dunia islam.

malaysia baru saja melaksanakan pemilu raya. siapapun yang diamanahi memimpin, hubungan malaysia melalui indonesia harus tetap elok. kedua negara ini bersaudara, juga kita usah menjaga agar kedua negara tetap rukun, papar anis selama keterangan tertulisnya di jakarta, kamis.

pernyataan presiden partai keadilan sejahtera (pks) anis matta itu diutarakan saat menjadi narasumber dalam diskusi bertema `gerakan mengembangkan peradaban` dan diadakan persatuan pelajar-mahasiswa malaysia di amman, yordania, kamis (2/5) petang waktu setempat.

anis menungkapkan hubungan baik tersebut harus dijaga sebab indonesia juga malaysia mempunyai posisi strategis selama tataran dunia islam global. menurut dia, indonesia juga malaysia adalah negara berpenduduk mayoritas muslim serta perkembangan demokrasi dan pertumbuhan ekonomi kedua negara sejauh ini positif.

Informasi Lainnya:

dia mengatakan stabilitas politik dan kemajuan ekonomi indonesia-malaysia menjadi tumpuan waktu depan dunia islam ke depan.

selain turki serta mesir, malaysia dan indonesia merupakan tumpuan juga harapan masih kepada umat islam global. keempat negara inilah dan memiliki peran dijadikan `pioneer` dunia islam kini. di percaturan peradaban global ke depan, keempat negara diharap berperan banyak, katanya.

anis sempat menyinggung pasang-surut hubungan indonesia-malaysia, juga dirinya berharap berbagai bagian agar menghindari persoalan perbatasan adalah pemicu keretakan hubungan kedua negara. masalah perbatasan berdasarkan dia, sering memicu ketegangan politik juga seharusnya diselesaikan secara baik.

ketua perhimpunan pelajar-mahasiswa malaysia selama amman, mursyid al-ami, menyampaikan paparan anis matta mengilhami mahasiswa malaysia supaya berwawasan global. pada ini, kata mursyid, mahasiswa cenderung berwawasan sempit.

ilmu yang diutarakan tadi mengajak para kaum muda untuk mempunyai visi jauh ke depan. cakupannyapun tak dibatasi oleh negara, ujar mursyid.

anis matta berada selama yordania sesudah memimpin konsolidasi perwakilan pks sedunia selama istanbul, turki. pada amman, ibu kota yordania, anis berhadapan tokoh islam setempat, disamping berdiskusi dengan kalangan mahasiswa.